Sabtu, 25 Februari 2012

tips sukses ujian nasional (UNAS)

TIPS SUKSES UJIAN NASIONAL 2012
kls-viii-a
Waktu terus bergulir,bulan berganti bulan, minggu berganti minggu, hari berganti hari tak terasa, Ujian Nasional 2012 sudah semakin dekat, berbagai persiapan terlihat dimana-mana, mulai dari les harian yang dilaksanakan oleh sekolah, maupun les privat yang mendatangkan tenaga pengajar yang sudah terbukti kualitasnya, juga ikut bimbingan belajar yang nota bene memerlukan biaya tambahan yang lumayan besar. Kepedulian akan pendidikan sangat terasa sekali sekarang ini, mulai dari anggaran pendidikan yang dinaikkan sampai 20 % dari anggaran, juga kesejahteraan guru yang mulai terus di tingkatkan, berbagai program kesejahteraan tenaga pendidikan dapat kita lihat dari adanya program sertifikasi guru yang sudah berjalan dan program-program lain yang berperan dalam memotivasi tenaga pendidik untuk terus meningkatkankan kinerjanya dibidang pendidikan, tak ketinggalan pula peran dari pemerintah daerah yang ikut berperan dalam mensukseskan pendidikan didaerahnya , seperti di kabupaten Balangan Propinsi Kalimantan Selatan, di kabupaten ini pemerintah daerah bekerjasama dengan PT Adaro Indonesia dan Bimbingan Belajar Primagama memberikan les dan tambahan pelajaran bagi semua pelajar di kabupaten Balangan tanpa biaya sepeserpun alias gratis, mungkin dilain tempat dan daerah masih banyak lagi keikusertaan pemerintah daerah dalam mensukseskan pendidikan didaerahnya masing-masing. Tapi kita masih menyayangkan atas sebagian sikap dari para peserta didik yang kurang termotivasi dalam menghadapi Ujian Nasional 2012, masih banyak terlihat pelajar yang membolos di jam-jam sekolah, masih banyak peserta didik yang malas-malasan ikut les, padahal sangat besar manfaatnya. tapi peserta didik kurang menyadarinya, peran aktif orang tua sangat diharapkan dalam mengatasi masalah ini, orang tua hendaknya selalu memotivasi dan memberikan pengawasan kepada peserta didik , sehingga peran aktifnya bisa mendorong dan memotivasi peserta didik untuk selalu mengikuti pelajaran, mengikuti les dan kegiatan lain yang positif. Tapi terkadang sikap orang tua yang kurang mendukung dan terkesan menerima apa adanya hasil yang diterima anak-anak mereka, mereka lulus atau tidak lulus tidak terlalu mereka pikirkan, asalkan anak-anak mereka bisa membantu dalam bekerja dan menghasilkan uang untuk tambahan biaya mereka sekeluarga, sungguh disayangkan sikap seperti ini. Terkadang ada pula yang menempuh jalan instant dan kurang terpuji dalam menghadapi Ujian Nasional, mulai sikap lobi dengan pengawas maupun mencari bocoran-bocoran soal, ataupun jawaban lewat pesan singkat ( sms ) yang mana semua jalan instant tersebut hendaknya kita jauhi dan terus kita hindari untuk mewujudkan Ujian Nasional yang Jujur. Apalah artinya nilai tinggi, apalah artinya peringkat sekolah dengan tingkat kelulusan tinggi tapi semuanya hanyalah ketidak jujuran belaka. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips dalam mempersiapkan dan menghadapi Ujian Nasional 2012, antara lain :
1.Biasakan Selalu berdoa disetiap kesempatan. Alangkah bagusnya kalau membiasakan shalat tahajud di waktu malam hari.
2.Berbakti kepada kedua orangtua, juga hormat dan taat kepada mereka
3. menghormati guru dan melaksanakan / mengerjakan semua tugas yang diberikan
4.mengulang kembali pelajaran dirumah, karena waktu disekolah sangatlah singkat.
3.Selalu menjaga kesehatan, janganlah tidur kelewat malam
4. Pada waktu ujian menyiapkan dan membawa alat tulis yang diyakini keasliannya dan sudah di siapkan jauh-jauh hari sebelum ujian berlangsung.
4. dalam menjawab soal ujian hendaknya mendahulukan soal-soal yang dianggap mudah, dan jangan terpaku dengan soal-soal yang sulit, sehingga memakan banyak waktu.
5. menerima dengan lapang dada apapun hasil akhirnya nanti, apapun hasil yang kita terima, itu merupakan jalan yang terbaik yang ditentukan oleh Sang Maha Pencipta, Allah SWT.
Mungkin tips ini bisa membantu kepada peserta didik yang mau ujian, semoga bisa membantu dalam menghadapi Ujian Nasional 2012.
Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost